Sabtu, 03 Januari 2015

Contoh 100 soal Manajemen Pemasaran Bab Menetapkan Strategi Produk



BAB XII
MENETAPKAN STRATEGI PRODUK
MULTIPLE CHOISE
1.        Cara pengguna melakukan tugas-tugas untuk mendapatkan dan menggunakan produk serta jasa-jasa terkait disebut.... (A)
a. sistem konsumsi total pengguna
b. sistem produksi total
c. sistem pemasaran
d. sistem peenjualan

2.        Yang termasuk kedalam hierarki nilai pelanggan, kecuali.... (C)
a. produk yang diharapkan
b. produk yang ditingkatkan
c. produk gagal
d. calon produk

3.        Barang yang memiliki kemiripan mutu, tetapi cukup berbeda dari segi harga sehingga dapat menjadi perbandingan dalam berbelanja adalah.... (A)
a. barang toko homogen
b. barang toko heterogen
c. barang khusus
d. barang sehari-hari

4.        Dibawah ini adalah bahan baku komponen, kecuali.... (D)
a. besi
b. benang
c. semen
d. kain

5.        Batu nisan termasuk kedalam klasifikasi barang.... (C)
a. barang khusus
b. barang toko
c. barang yang tidak dicari
d. barang sehari-hari

6.        Bahan mentah dibagi menjadi 2 yaitu.... (A)
a.  produk pertanian dan produk alam
b. bahan baku dan bahan setengah jadi
c. produk pabrik dan produk konveksi
d. baran mudah dan barang khusus

7.        Manakah yang termasuk produk alam ? (B)
a. gandum
b. minyak mentah
c. bensin
d. kapas

8.        Di bawah ini yang termasuk barang pemelliharaan dan perbaikan, kecuali.... (D)
a. cat
b. paku
c. sapu
d. kertas tulis

9.        Yang bukan termasuk layanan konsultasi bisnis adalah.... (B)
a. hukum
b. iklim
c. perbaikan mesin
d. konsultasi menejemen

10.        Disebut apakah tingkat kesesuaian dan pemenuhan semua unit yang diproduksi terhadap spesifikasi sasaran yang dijanjikan ? (B)
a. fitur
b. mutu kesesuaian
c. daya tahan
d. keandalan

11.        Berikut adalah produk yang dirancang dengan baik, kecuali.... (B)
a. produk yang menyenangkan untuk dilihat
b. mudah dirusak
c. mudah dipasang
d. mudah diperbaiki

12.        Yang termasuk diferensiasi jasa adalah...(A)
a. kemudahan pemesanan
b. gaya
c. fitur
d. mutu kesesuaian

13.        MC donalds yang mengharuskan pemegang waralaba barunya untuk belajar di Hamburger University termasuk dalam diferensiasi....(C)
a. konsultasi pelanggan
b. mutu kinerja
c. pelatihan pelanggan
d. mutu kesesuaian

14.        Kebutuhan intin yang mendasari keneradaan suatu kelompok produk disebut.... (A)
a. keluarga kebutuhan
b. keluarga produk
c. kelas produk
d. lini produk

15.        Salah satu contoh keluarga produk adalah.... (C)
a. keamanan
b. instrumen keuangan
c. tabungan dan penghasilan
d. asuransi jiwa

16.        Disebut apakah suatu bauran produk yang mengacu pada berapa banyak jenis yang ditawarkan masing-masing produk dalam lini produk ? (D)
a. lebar bauran produk
b. kedaalaman bauran produk
c. konsistensi bauran produk
d. keluasan bauran produk

17.        Berikut adalah motif yang dilakukan untuk pengisian lini, kecuali.... (C)
a. menutup lubang agar tidak diisi pesaing
b. berupaya memanfaatkan kapasitas yang berlebihan
c. mengurangi laba
d. menyediakan lini yang lengkap

18.        Dibawah ini termasuk penetapan harga bauran produk, kecuali.... (D)
a. penetapan harga lini produk
b. penetapan harga produk pelengkap
c. penetapan harga produk sampingan
d. penetapan harga produk pesaing

19.        Membentukn perbedaan persepsi mutu untuk membenarkan perbedaan harga, merupakan tugas dari.... (C)
a. distributor
b. pemasok
c. penjual
d. pembeli

20.        Kondisi yang diperlukan untuk keberhasilan merek bersama adalah... (D)
a. merek dari produk yang serupa
b. tidak ada kesesuaian antara merek yang menggunakan merek bersama
c. tidak adanya keseimbangan ekuitas merek yang memadai
d. kedua merek saling melenkapi

21.        Di bawah ini adalah rencana yang harus dilakukan perusahaan merek bersama, kecuali.... (D)
a. melegalisaasikan kontrak
b. melakukan pengaturan finansial
c. mengkoordinasika program pemasaran
d. meniadakan biaya lisensi dan royalti dari merek yang terlibat

22.        Di bawah ini termasuk tingkatan bahan dalam kemasan, kecuali.... (A)
a. kemasan tersier
b. kemasan sekunder
c. kemasan primer
d. kemasan pengiriman

23.        Berikut adalah tujuan dari pengemasan, kecuali.... (A)
a. menyampaikan infomasi yang naratif
b. mempermudah proteksi dan transportasi produk
c. membantu penyimpanaqn di rumah
d. membantu konsumsi produk

24.        Di bawah ini termasuk arah perentangan lini, kecuali.... (C)
a. ke pasar atas
b. ke pasar bawah
c. ke pasar samping
d. ke pasar atas dan bawah

25.        Yang wajib ada dalam label kemasan, kecuali.... (D)
a. tanggal penggunaan
b. harga per unit
c. label tingkat mutu
d. label jumlah karyawan




JAWABAN SINGKAT
1.       Segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memuaskan kebutuhan atau keinginan disebut.... (produk)
2.      Apakah tingkatan yang paling mendasar dalam hierarki nilai pelanggan? (manfaat inti)
3.      Secara tradisional, apa saja yang digunakan pemasar dalam mengklasifikasikan produknya? (daya tahan, wujud dan penggunaan)
4.      Menurut daya tahan dan kegunaanya sabun termasuk barang apa ? (barang yang tidak tahan lama)
5.      Sebutkan contoh barang yang tahan lama ! (lemari es, televisi, motor)
6.      Produk yang memerlukan pengendalian mutu, kredibilitas dan kemampuan penyesuaian yang lebih tinggi adalah.... (poduk jasa)
7.      Barang-barang yang biasanya dibeli pelanggan dengan cepat dan dengan upaya yang sangat sedikit disebut.... (barang sehari-hari/ convinience goods)
8.      Disebut apakah barang-barang yang dibeli konsumen secara teratur ? (kebutuhan pokok/staples)
9.      Disebut apakah ukuran usia yang diharapkan atas beroperasinya produk dalam kondisi normal atau berat ? (daya tahan/ durability)
10.     Sisi negatif dari rancangan yang hanya mementingkan gaya adalah... (gaya yang kuat tidak berarti kinerjanya tinggi)
11.      Diferensiasi yang mengacu pada seberapa baik produk atau jasa diserahkan kepada pelanggan adalah.... (delivery/ pengiriman)
12.     Diferensiasi yang mengacu pada pelayanan data, sistem informasi, dan saran yang diberikan penjual kepada pembeli disebut.... (konsultasi pelanggan)
13.     Dalam hierarki produk asuransi berjangka termasuk.... (jenis produk/ product type)
14.     Sebutkan manfaat pemetaan pasar ! (mengidentifikasi segmen pasar)
15.     Cara yang dilakukan perusahaaan untuk memperpanjang lini produknya adalah.... (merentangkan dan mengisi lini)
16.     Akibat apa yang ditimbulkan dari pengisian lini yang berlebihan ? (kanibalisasi diri sendiri dan pelanggan bingung)
17.     Kebijakan apa yang dilakukan perusahaan yang disebabkan adanya berbagai produk yang memilikisaling keterkaitan permintaan dan biaya serta dipengaruhi berbagai tingkat persaingan yang berbeda ? (penetapan harga)
18.     Bahaya yang akan dialami jika menetapkan harga produk pelengkap terlalu tinggi adalah... (munculnya pembajakan produk)
19.     Kegiatan merancang dan memproduksi wadah untuk produk diseebut.... (pengemasan/ packaging)
20.     Disebut apakah pengujian yang dilakukan untuk memastikan bahwa tulkisan dapat dibaca dengan warna-warna yang selaras ? (uji visual)
21.     Pengujian yang dilakukan untuk memastikan bahwa penyalur menganggap kemasan tersebut menarik dan mudah ditangani disebut.... (uji penyalur)
22.     Bentuk produk, fiture, kinerja, kesersuaian, tahan lama, kaeandalan, kemudahan untuk diperbaiki, gaya, rancangan termasuk diferensiasi merek berdasarkan.... (jumlah dimensi produk atau jasa yang berbeda)
23.     Menetapkan penggunaan lebel yang diwajibkan dan mendorong standar pengemasan industri sukarela merupakan isi dari undang-undang.... (UU pengemasan dan pelebelan yang jujur)
24.     Label yang menjelaskan kesegaran produk disebut.... (label tanggal penggunaan)
25.     Jaminan yang menyatakan bahwa produk tersebut bermutu tinggi dan bahwa perusahaan tersebut dan kinerja layanannya dapat diandalkan disebut.... (garansi)


TRUE AND FALSE
JAWABAN BENAR
1.       Barang khusus mempunyai identifikasi merek yang unik dan karena itulah cukup banyak pembeli bersedia melakukan upaya pembelian yang khusus. (B)
2.      Bahan  baku dan suku cadang, barang modal, pasokan dan layanan bisnis adalah kelompok barang industri. (B)
3.      Keandalan pengiriman dan harga merupakan faktor utama yang mempengaruhi pemilihan pemasok. (B)
4.      Produk adalah unsur pertama dan terpenting dalam bauran pemasaran. (B)
5.      Kertas tulis dan pensil termasuk perlengkapan operasional. (B)
6.      Perlengkapan adalah sesuatu yang ekuivalen dengan barang mudah biasanya bibeli dengan upaya yang sangat sedikit dengan pembelian ulang langsung. (B)
7.      Ordering easi mengacu pada seberapa mudah pelanggan melakukan pemesanan ke perusahaan. (B)
8.      Asuransi jiwa adalah contoh dari lini produk. (B)
9.      Platform dan modul dasar diciptakan perusahaan dalam menawarkan lini produk untuk memenuhi tuntutan pelanggan. (B) 
10.     Lini produk yang panjang dimiliki oleh perusahaan yang ingin memperoleh pangsa pasar dan pertumbuhan pasar yang tinggi. (B)
11.      Dengan adanya penetapan harga produk sampingan akan menekan harga produk utamanya. (B)
12.     Tujuan dari pengemasan adalah untuk mengetahui identifikasi merek. (B)
13.     Uji konsumen dilakukan untuk memastikan tanggapan konsumen yang positif. (B)

JAWABAN SALAH
1.       Tidak adanya perbaikan produk akan dapat menghasilkan pendapatan dan pangsa pasar yang besar. (S)
Perbaikan produk terus-menerus dapat menghasilkan pendapatan dan pangsa pasar yang besar. (B)

2.      Sifat mudah diperbaiki yang ideal adalah jika pemakai membetulkan produk dengan biaya yang mahal dan waktu yang relatif lama. (S)
Sifat mudah diperbaiki yang ideal adalah jika pemakai membetulkanproduk itu dengan biaya murah dan waktu yang relatif singkat. (B)

3.      Gaya adalah totalitas fitur yang mempengaruhi penampilan dan fungsi produk tertentu yang diisyaratkan oleh pelanggan. (S)
Rancangan  adalah totalitas fitur yang mempengaruhi penampilan dan fungsi produk tertentu yang diisyaratkan oleh pelanggan. (B)

4.      Perancangan mengacu pada pekerjaan yang dilakukan untuk membuat produk tertentu beroperasi di lokasi yang ditentukan. (S)
Pemasangan mengacu pada pekerjaan yang dilakukan untuk membuat produk tertentu beroperasi di lokasi yang ditentukan. (B)

5.      Pelatihan pelanggan tidak termasuk diferensiasi jasa. (S)
Pelatihan pelanggan termasuk diferensiasi jasa. (B)

6.      Berupaya memuaskan penyalur yang mengeluhkan kehilangan penjualan karena tidak memiliki jenis produk dalam satu lini merupakan motif dalam perentangan lini. (S)
 Berupaya memuaskan penyalur yang mengeluhkan kehilangan penjualan karena tidak memiliki jenis produk dalam satu lini merupakan motif dalam pengisian lini. (B)

7.      Taman hiburan yang mengenakan biaya tiket masuk ditambah ongkos wahana diatas jumlah minimum tertentu termasuk penetapan harga produk pelengkap. (S)
Taman hiburan yang mengenakan biaya tiket masuk ditambah ongkos wahana diatas jumlah minimum tertentu termasuk penetapan harga dua bagian. (B)

8.      Penggabungan murni terjadi apabila perusahaan menawarkan barang satuan atau gabungan. (S)
Pennggabungan murni terjadi apabila perusahaan menawarkan produknya sebagai satu gabunganh. (B)

9.      Merek bersama adalah penentuan merek sendiri dimana perusahaan mengiklankan dan bahkan memberikan merek dagang pada unsur-unsur yang diberi merek mereka sendiri. (S)
Merek bersama adalah penggabungan dua atau lebih merek terkenal menjadi satu produk patungan yang dipasarkan bersama dalam satu mode. (B)

10.     Uji visual dilakukan untuk memastikan bahwa kemasan tersebut tahan dalam kondisi normal. (S)
Uji teknis dilakukan untuk memastikan bahwa kemasan tersebut tahan dalam kondisi normal. (B)

11.      Tidak perlu adanya perbaikan lebel dari tahun ke tahun. (S)
Perlu adanya perbaikan lebel dari tahun ke tahun. (B)

12.     Label tingkat mutu berfungsi untuk menunjukan persentasi masing-masing unsur yang penting. (S)
Label persentase berfungsi untuk menunjukan persentasi masing-masing unsur yang penting. (B)



ESSAY
1.       Sebutkan hierarki nilai pelanggan !
 jawab:
-tinkat yang mendasar adalah manfaat inti (core benefit) yaitu layanan atau manfaat mendasar yang sesungguhnya dibeli pelanggan
-tingkat kedua adalah pemasar harus mengubah manfaat inti menjadi produk dasar
-tingkat ketiga adalah pemasar menyiapkan (produk yang diharapkan) expected product
-tingkat keempat adalah pemasar menyiapkan produk yang ditingkatkan (augmented product) yang melampaui harapan pelanggan
-tingkat kelima adalah calon product (potential product)

2.      Menurut daya tahan dan wujudnya produk dapat diklasifikasikan menjadi 3, sebutkan dan jelaskan !
Jawab:
-barang yang tidak tahan lama (nondurable goods) adalah barang-barang berwujud yang biasanya dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali penggunaan
-barang tahan lama (durable goods) adalah barang berwujud yang biasanya tetap bertahan walopun sudah digunakan berkali-kali
-jasa (sevices) adalah produk-produk yang berwujud, tidak terpisahkan dan mudah habis

3.      Sebutkan dan jelaskan klasifikasi produk menurut kebiasaan belanja !
Jawab:
-barang sehari-hari yaitu barang-barang yang biasanya sering dibeli pelanggan dengan cepat dan dengan upaya yang sangat sedikit
-barang toko adalah barang-barang yang biasanya dibandingkan berdasarkan kesesuaian, kualitas, harga, dan gaya dalam proses pemilihan dan pembeliannya
-barang khusus adalah barang yang mempunyai ciri-ciri atau identifikasi merek yang unik dan karena itulah cukup banyak pembeli bersedia melakukan upaya pembelian yang khusus
-barang yang tidak dicari yaitu  barang-barang yang tidak diketahui konsumen atau mereka tidak terpikir untuk membelinya

4.      Sebutkan dan jelaskan pembagian barang mudah (convenience goods) !
Jawab:
-kebutuhan pokok adalah barang-barang yang dibeli konsumen secara teratur
-barang dadakan adalah barang yang dibeli tanpa perencanaan
-barang darurat adalah barang yang dibeli konsumen pada saat kebutuhan mendesak
5.      Sebutkan perbedaan barang toko homogen dan heterogen !
Jawab:
-barang toko homogen yaitu barang yang memiliki kemiripan mutu, ttetapi cukup berbeda dari segi harga sehingga dapat menjadi alasan perbandingan dalam berbelanja
-barang toko heterogen yaitu barang yang berbeda dari segi ciri-ciri produk dan layanan yang munkin dianggap lebih penting daripada harganya

6.      Sebutkan ciri-ciri barang khusus !
Jawab:
-barang khusus tidak membutuhkan orang melakukan perbandingan
-pembeli mengorbankan waktu hanya untuk mendatangi penyalur yang menyediakan  produk yang diingfinkan
-penyalur tidak memerlukan tempat yang mudah dijangkau, namun mereka harus memberitahukan dimana lokasi mereka

7.      Jelaskan pembagian bahan  baku dan suku cadang !
Jawab
Brang ini terbagi menjadi dua kelompok, yang pertama adalah bahan mentah. Bahan mentah terbagi menjadi 2 klompok yaitu produk pertanian,  produk pertanian yaitu produk yang berasal dari hasil pertanian. Produk alam, yaitu produk yang disediakan dan diambil langsung dari alam. Yang kedua adalahbahan baku dan sukun cadang. Bahan baku dan suku cadang dbagi menjadi bahan baku komponen seperti benang, dan su,u cadang komponen yaitu, barang yang masuk ke produk jadi tanpa perubahan bentuk lebih  lanjut.

8.      Sebutkan dan jelaskan 5 diferensiasi produk !
Jawab:
-mutu kinerja adalah level berlakunya karakteristik produk
-mutu kesesuaian adalah tingkat kesesuaian dan pemenuhan semua unit yang diproduksi terhadap spesifikasasaran yang dijanjikan
-daya tahan adalah ukuran usia yang diharapkan atas beropersinya produk dalam kondisi normal atau berat
-keandalan adalah ukuran probabilitas bahwa produk tertentu tidak akan rusak atau gagal pada periode waktu tertentu
-mudah diperbaiki adalah ukuran kemudahan untuk memperbaiki produk ketika produk itu rusak

9.      Sebutkan dan jelaskan apa saja yang termasuk dalam diferensiasi jasa !
Jawab:
-kemudahan pemesanan yaitu seberapa mudah pelanggan dapat melakukan pemesanan ke p[erusahaan
-pengiriman yaitu seberapa baik produk atau jasa diserahkan kepada pelanggan
-pemasangan yaitu pekerjaan yang dilakukan untuk membuat produk tertentu beroperasi di lokasi yang direncanakan
-pelatihan pelanggan yaitu pelatihan para pegawai pelanggan untuk menggunakan peralatan dari penjual secara tepat dan efisien
-konsultasi pelanggan yaitu pelayanan data, sistem informasi dan saran yang diberikan penjual kepada pembeeli
-pemeliharaan dan perbaikan yaitu program pelayanan perusahaan untuk membantu pelanggan menjaga produk yang nereka beli senantiasa dalam kondisi kerja yang baik

10.     Jelaskan faktor apa saja yang mempengaruhi rancangan !
Jawab:
Perancang harus memikirkan berapa b esar  yang perlu diinvestasikan dalam bentuk, pengembangan fitur, kinerja, kesesuaian terhadap spesifikasi, daya tahan, keandaian, kemudahan perbaikan dan gaya. Produk yang dirancang dengan baik bagi pelanggan adalah produk yang menyenangkan untuk dilihat dan mudah dibuka, dipasang, digunakan, diperbaiki serta dibuang. Sedangkan  menurut peerusahaan, produk yang dirancang dengan baik adalah produk yang akan mudah diproduksi dan didistribusikan.

11.      Sebutkan dan jelaskan tingkatan dalam hierarki produk !
Jawab:
Hierarki produk membentang mulai dari kebutuhan dasar hingga barang-barang khusus yang memuaskan kebutuhan tersebut. Yang terdiri dari
-keluarga kebutuhan  yaitu kebutuhan inti yang mendasari keberadaan suatu kelompok produk
-keluarga produk yaitru semua kelas produk yang dapat memenuhi kebutuhan inti dengan efektif
-kelas produk yaitu sekelomnpok produk dalam keluarga produk yang diakui mempunyai ikatan fungsional tertentu
-lini produk yaitu sekelompok produk dalam kelas produk yang saling terkait erat karena produk tersebut melakukan fungsi yang sama, dijual pada kelompok pelanggan yang sama dan dipasarkan melalui saluran lini produk yang sama, atau masuk kedalam rentang harga tertentu
-jenis produk yaitu sekelompok barang dalam lini produk yang sama-sama memiliki salah satu dari beberapa kemungkinan bentuk tersebut
-barang yaitu unit tersendiri dalam suatu merek atua lini produk yang dapat dibedakan berdaasarkan ukuran, harga, penampilan, atau ciri lain

12.     Apa yang dimaksud dengan bauran produk dan jelaskan dimensi yang dimiliki bauran produk !
Jawab:
Bauran produk adalah kumpulan seluruh produk dan barang yang ditawarkan penjual tertentu kepada pembeli. Dimensi yang dimiliki adalah sebagai berikut
-lebar suatu bauran produk mengacu pada berapa banyak lini produk yang berbeda dimiliki perusahaan tersebut
-kedalaman suatu bauran produk mengacu pada jumlah seluruh barang dalam bauran tersebut
-keluasan bauran produk mengacu pada berapa banyak jenis yang ditawarkan masing-masing produk dalam lini tersebut
-konsistensi bauran produk mengacu pada seberapa erat hubun gan berbagai lini produk dalam penggunaan akhir, ketentuan produksi, saluran distribusi atau hal-hal lainya

13.     Jelaskan pembagian lini produk komputer dalam menghasilkan margin kotor berdasar pada volume penjualan dan promosinya !
Jawab:
-produk inti, komputer dasar menghasilkan volume penjualan yang tinggi dan sangat gencar dipromosikan tetapi mempunyai margin yang rendah karena dipandang sebagai komoditas yang tidak terdiferensiasi
-kebutuhan pokok, barang-barang dengan volume penjualan yang lebih rendah dan tanpa promosi, seperti CPU yang lebih cepat atau memori yang lebih besar. Barang ini menghasilkan margin yang agak lebih tinggi
-kekhususan, barang-barng yang volume penjualanya lebih rendah, tetapi sangat gencar dipromoisikan, seperti peralatan pembuatan film digital, atau mungkin menghasilkan pendapatan dari layanan, seprti pengiriman pribadi, pemasangan atau pelatihgan ditempat kerja
-barang kemudahan, barang-barang tabahan yang terjual dengan volume tinggi, tetapi kurang mendapatkan promosi seperti monitor komputer, printer, atau piranti lunak. Konsumen cenderung membelinya dimana konsumen membeli piranti assli karena hal itu lebih nyaman daripada melakukan perjalanan lebih jauh untuk membelinya

14.     Sebutkan dan jelaskan arah dari perentangan lini !
Jawab:
-Perentangan ke pasar atas, perusahaan akan memasuki bagian atas pasar tersebut untuk memperoleh pertumbuhan yang lebih besar, margin laba yang lebih tinggi, atau sekedar memposisikan diri sebagai produsen lini lengkap.
-Perentangan kepasar bawah, suatu perusahaan yang berada di pasar menengah akan memperkenalkan lini dengan hargaq yang lebih rendah,
-perentangan dua arah, perusahaan-perusahaan yang menangani pasar menengah memutuskan untuk merentangkan lininya ke dua arah.
15.     Sebutkan alasan perusahaan melakukan perentangan lini kebawah !
Jawab:
-perusahaan tersebut mungkin mengamati peluang-peluang pertumbuhan yang kuat sebagai pengecer besar-besaran
-perusahaan tersebut ingin membatasi pergerakan pesaing-pesaing dalam kelas yang lebih rendah yang tadinya mencoba untuk beralih ke pasar lapis atas. Jika sudah lebih diserang pesaing kelas bawah, perusahaan tersebut sering meemutuskan untuk melakukan serangan balik dengan memasuki kelas bawah pasar tersebut
-perusahaan tersebut mungkin menemukan bahwa pasar menengah sedang mengalami stagnasi atau klemunduran

16.     Jelaskan masalah yang dihadapui perusahaan ketika memutuskan beralih kepasar bawah !
Jawab:
Perusahaan menghadapi beberapa pilihan nama, antara lain :  tetap memakai nama asli untuk semua tawaran. Memperkenalkan tawaran yang lebih rendah dengan menggunakan nama submerek atau menawarkan dengan harga yang lebih renadah lagi tanpa membawa nama asli.

17.     Menurut anda dalam memperbaharui lini lebih baik sedikit demi sedikit atau sekaligus ? tolong jelaskan !
Jawab:
Menurut saya perubahan lini sedikit demi sedikit lebih baik karena dengan pendekatan sedikit demi sedikit memungkinkan perusahaan tersebbut melihat bagaimana pelanggan dan penyalur menyukai gaya baru tersebut, dan juga mengeluarkan kas yang lebih sedikit. Sehinggaperusahaan akan membuat produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan dan akan lebih memaksimalkan pendapatan.

18.     Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk penetapan harga bauran produk !
Jawab:
-penetapan harga lini produk, perusahaan  biasanya  mengembangkan lini produk hanya satu dan memperkenalkan tahap-tahap harga
-penetapan harga ciri-pilihan, perusahaan menawarkan produk, ciri khas atau fiture, dan jasa pilihan bersama produk utamanya
-penetapan harga produk pelengkap, perusahaan memerlukan produk tambahan atau produk pelengkap untuk produknya
-penetapan harga dua bagian, perusahaan jasa sering terlibat dalam penetapan harga dua bagian, yang terdiri atas tarif tetap ditambah biaya pemakaian yang tidak tetap
-penetapan harga produk sampingan, jika produk sampingan tersebut memiliki nilai bagi kelompok pelanggan, barang tersebut seharusnya dikenakan harga berdasarkan nilainya
-penetapan harga penggabungan produk, penjual sering menggabungkan produk-produk dan ciri khas barang

19.     Sebutkan masalah yang dihadapi restoran dalam penetapan harga dan solusi dari masalah tersebut !
Jawab:
Masalah yang dihadapi restoran dalam penetapan harga adalah pelanggan sering dapat memesan minuman selain makanan.  Solusinya adlah dengan menetapkan harga tinggi untuk minumananya dan harga rendah untuk makananya. Pendapatan dari makanan akan menutupi biaya dan pendapatan dari minuman akan menghasilkan lana. Atau dengan cara menetapkan harga yang rendah untuk minuman dan harga yang tinggi untuk makanan guna menarik kelompok peminum.

20.     Sebutkan keuntungan dari pemakaian merek bersama !
Jawab:
Keuntungan pemakaian merek bersama adalah produk bisa diposisikan secara meyakinkan berdasarkan multi merek yang terlibat. Merek bersama dapat menghasilkan penjualan  yang lebih besar dari pasar sasaran yang ada dan juga membuka peluang tambahan dengan konsumen daan saluran baru. Merek bersama juga dapat mengurangi biaya pengenalan produk karena dua citra yang terkenal itu  digabungkan. Merek bersaama juga merupakan sarana belajar konsumen dan bagaimana perusahaan lain mendekati mereka.

21.     Sebutkan kerugian dari pemakaian merek bersama !
Jawab:
Kerugian dari merek bersam adalah adanya risiko dan kurang terkontrolnya penggabungan dengan merek lain yang terjadi dalam pikiran konsumen.harapan konsumen tentang tingkat keterlibatan daan komitmen dengan merek bersama mungkin tinggi, sehingga kinerja yang tidak memuaskan dapat membawa penolakan yang negatif terhadap merek-merek bersam yang terlibat. Jika merek lain telah masuk ke dalam sejumlah penataan merek bersama, kemungkinan ada resiko bahwa pemaparan berlebih akan mengencerkan peralihan asosiasi apapun. Yanng bisa mengakibatkan tidak adanya fokus pada merek yang ada.

22.     Sebutkan dan jelaskan faktor yang berperan dalam meningkatnya penggunaaan kemasan sebagai alat pemasaran !
Jawab:
-swalayan, makin banyaknya produk yang dijual di swlayan
-kemakmuran konsumen, meningkatnya kemakmuran konsumen berarti konsumen bersedia membayar sedikit lebih mahal untuk kenyamanan, penampilan, keandalan, dan gengsi kemasan yang baik
-citra perusahaan dan merek, kemasan berperan bagi pengakuan langsung terhadap perusahaan ataupun merek tersebut
-peluang inovasi, pengemasan yang inovatif dapat memberikan manfaat yang besar bagi konsumen dan laba produsen

23.     Sebutkan fungsi dari pelabelan dan beri contohnya !
jawab
-mengidentifikasi produk atau merek, misal sunkist yang dicap pada jeruk
-menjelasskan produk, seperti siap pembbuatnya, kapan dibuat, apa saja kandungannya, bagaimana digunakan, dan bagaimana menggunalkannya dengan aman
-mempromosikan produkmelaluyi grafik-grafik yang menarik, misal label membungkus ketat seluruh wadah dengan tulisan-tulisan yang terang dan mengakomodasikan lebih banyak informasiproduk pada kemasan,menggantikan label tulisan yang dilem pada kaleng dan botol

24.     Jelaskan fungsi dari garansi !
Jawab:
Garansi berfungsi efektif dalam dua situasi. Yang peertama apabila perusahaan atau produk tersebut tidak terkenal. Misalnya adalah garansi uang kembali jika tidak puas, akan memberikan suatu keyakinankepada pembeli untuk membbeli produk tersebut. Situasi kedua adalah apabila mutu tersebut lebih unggul dibandingkan dengan pesaing. Perusahaan tersebut akan memperolehkeuntungan dengan memberikan garansikinerja yang lebih unggui, karena tahu bahwa pesaing-pesaingnya tidak dapat mengimbangi garansinya.

25.     Sebutkan bentuk merek bersama dan beri controhnya !
Jawab:
-merek bersama sesama perusahaan, seperti ketika General Mills mengiklankan Yogurt Trix dan Yoplait
-merek berswama usaha patungan, seperti kasus bola lampu General Electric dan Hitachi di Jepang
-merek bersama multi sponsor, seperti dalam kasus Taligent, suatu aliansi teknologi antara Apple, IBM, dan Motorola
-merek bersamaa eceran, seperti restoran-restoran cepat saji menggunakan lokasi yang sama sebagai cara untuk mengoptimalkan baik ruang maupun laba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar