BAB XII
MENETAPKAN STRATEGI PRODUK
MULTIPLE
CHOISE
1.
Cara
pengguna melakukan tugas-tugas untuk mendapatkan dan menggunakan produk serta
jasa-jasa terkait disebut.... (A)
a.
sistem konsumsi total pengguna
b.
sistem produksi total
c.
sistem pemasaran
d.
sistem peenjualan
2.
Yang
termasuk kedalam hierarki nilai pelanggan, kecuali.... (C)
a.
produk yang diharapkan
b.
produk yang ditingkatkan
c.
produk gagal
d.
calon produk
3.
Barang
yang memiliki kemiripan mutu, tetapi cukup berbeda dari segi harga sehingga dapat
menjadi perbandingan dalam berbelanja adalah.... (A)
a.
barang toko homogen
b.
barang toko heterogen
c.
barang khusus
d.
barang sehari-hari
4.
Dibawah
ini adalah bahan baku komponen, kecuali.... (D)
a.
besi
b.
benang
c.
semen
d.
kain
5.
Batu
nisan termasuk kedalam klasifikasi barang.... (C)
a.
barang khusus
b.
barang toko
c.
barang yang tidak dicari
d.
barang sehari-hari
6.
Bahan
mentah dibagi menjadi 2 yaitu.... (A)
a. produk pertanian dan produk alam
b.
bahan baku dan bahan setengah jadi
c.
produk pabrik dan produk konveksi
d.
baran mudah dan barang khusus
7.
Manakah
yang termasuk produk alam ? (B)
a.
gandum
b.
minyak mentah
c.
bensin
d.
kapas
8.
Di
bawah ini yang termasuk barang pemelliharaan dan perbaikan, kecuali.... (D)
a.
cat
b.
paku
c.
sapu
d.
kertas tulis
9.
Yang
bukan termasuk layanan konsultasi bisnis adalah.... (B)
a.
hukum
b.
iklim
c.
perbaikan mesin
d.
konsultasi menejemen
10.
Disebut
apakah tingkat kesesuaian dan pemenuhan semua unit yang diproduksi terhadap
spesifikasi sasaran yang dijanjikan ? (B)
a.
fitur
b.
mutu kesesuaian
c.
daya tahan
d.
keandalan
11.
Berikut
adalah produk yang dirancang dengan baik, kecuali.... (B)
a.
produk yang menyenangkan untuk dilihat
b.
mudah dirusak
c.
mudah dipasang
d.
mudah diperbaiki
12.
Yang
termasuk diferensiasi jasa adalah...(A)
a.
kemudahan pemesanan
b.
gaya
c.
fitur
d.
mutu kesesuaian
13.
MC
donalds yang mengharuskan pemegang waralaba barunya untuk belajar di Hamburger
University termasuk dalam diferensiasi....(C)
a.
konsultasi pelanggan
b.
mutu kinerja
c.
pelatihan pelanggan
d.
mutu kesesuaian
14.
Kebutuhan
intin yang mendasari keneradaan suatu kelompok produk disebut.... (A)
a.
keluarga kebutuhan
b.
keluarga produk
c.
kelas produk
d.
lini produk
15.
Salah
satu contoh keluarga produk adalah.... (C)
a.
keamanan
b.
instrumen keuangan
c.
tabungan dan penghasilan
d.
asuransi jiwa
16.
Disebut
apakah suatu bauran produk yang mengacu pada berapa banyak jenis yang
ditawarkan masing-masing produk dalam lini produk ? (D)
a.
lebar bauran produk
b.
kedaalaman bauran produk
c.
konsistensi bauran produk
d.
keluasan bauran produk
17.
Berikut
adalah motif yang dilakukan untuk pengisian lini, kecuali.... (C)
a.
menutup lubang agar tidak diisi pesaing
b.
berupaya memanfaatkan kapasitas yang berlebihan
c.
mengurangi laba
d.
menyediakan lini yang lengkap
18.
Dibawah
ini termasuk penetapan harga bauran produk, kecuali.... (D)
a.
penetapan harga lini produk
b.
penetapan harga produk pelengkap
c.
penetapan harga produk sampingan
d.
penetapan harga produk pesaing
19.
Membentukn
perbedaan persepsi mutu untuk membenarkan perbedaan harga, merupakan tugas
dari.... (C)
a.
distributor
b.
pemasok
c.
penjual
d.
pembeli
20.
Kondisi
yang diperlukan untuk keberhasilan merek bersama adalah... (D)
a.
merek dari produk yang serupa
b.
tidak ada kesesuaian antara merek yang menggunakan merek bersama
c.
tidak adanya keseimbangan ekuitas merek yang memadai
d.
kedua merek saling melenkapi
21.
Di
bawah ini adalah rencana yang harus dilakukan perusahaan merek bersama,
kecuali.... (D)
a.
melegalisaasikan kontrak
b.
melakukan pengaturan finansial
c.
mengkoordinasika program pemasaran
d.
meniadakan biaya lisensi dan royalti dari merek yang terlibat
22.
Di
bawah ini termasuk tingkatan bahan dalam kemasan, kecuali.... (A)
a.
kemasan tersier
b.
kemasan sekunder
c.
kemasan primer
d.
kemasan pengiriman
23.
Berikut
adalah tujuan dari pengemasan, kecuali.... (A)
a.
menyampaikan infomasi yang naratif
b.
mempermudah proteksi dan transportasi produk
c.
membantu penyimpanaqn di rumah
d.
membantu konsumsi produk
24.
Di
bawah ini termasuk arah perentangan lini, kecuali.... (C)
a.
ke pasar atas
b.
ke pasar bawah
c.
ke pasar samping
d.
ke pasar atas dan bawah
25.
Yang
wajib ada dalam label kemasan, kecuali.... (D)
a.
tanggal penggunaan
b.
harga per unit
c.
label tingkat mutu
d.
label jumlah karyawan
JAWABAN SINGKAT
1.
Segala
sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memuaskan kebutuhan atau keinginan
disebut.... (produk)
2.
Apakah
tingkatan yang paling mendasar dalam hierarki nilai pelanggan? (manfaat inti)
3.
Secara
tradisional, apa saja yang digunakan pemasar dalam mengklasifikasikan
produknya? (daya tahan, wujud dan
penggunaan)
4.
Menurut
daya tahan dan kegunaanya sabun termasuk barang apa ? (barang yang tidak tahan lama)
5.
Sebutkan
contoh barang yang tahan lama ! (lemari
es, televisi, motor)
6.
Produk
yang memerlukan pengendalian mutu, kredibilitas dan kemampuan penyesuaian yang
lebih tinggi adalah.... (poduk jasa)
7.
Barang-barang
yang biasanya dibeli pelanggan dengan cepat dan dengan upaya yang sangat
sedikit disebut.... (barang sehari-hari/
convinience goods)
8.
Disebut
apakah barang-barang yang dibeli konsumen secara teratur ? (kebutuhan pokok/staples)
9.
Disebut
apakah ukuran usia yang diharapkan atas beroperasinya produk dalam kondisi
normal atau berat ? (daya tahan/
durability)
10.
Sisi
negatif dari rancangan yang hanya mementingkan gaya adalah... (gaya yang kuat tidak berarti kinerjanya
tinggi)
11.
Diferensiasi
yang mengacu pada seberapa baik produk atau jasa diserahkan kepada pelanggan
adalah.... (delivery/ pengiriman)
12.
Diferensiasi
yang mengacu pada pelayanan data, sistem informasi, dan saran yang diberikan
penjual kepada pembeli disebut.... (konsultasi
pelanggan)
13. Dalam hierarki produk asuransi
berjangka termasuk.... (jenis produk/
product type)
14.
Sebutkan
manfaat pemetaan pasar ! (mengidentifikasi
segmen pasar)
15.
Cara
yang dilakukan perusahaaan untuk memperpanjang lini produknya adalah.... (merentangkan dan mengisi lini)
16.
Akibat
apa yang ditimbulkan dari pengisian lini yang berlebihan ? (kanibalisasi diri sendiri dan pelanggan bingung)
17.
Kebijakan
apa yang dilakukan perusahaan yang disebabkan adanya berbagai produk yang
memilikisaling keterkaitan permintaan dan biaya serta dipengaruhi berbagai
tingkat persaingan yang berbeda ? (penetapan
harga)
18.
Bahaya
yang akan dialami jika menetapkan harga produk pelengkap terlalu tinggi
adalah... (munculnya pembajakan produk)
19.
Kegiatan
merancang dan memproduksi wadah untuk produk diseebut.... (pengemasan/ packaging)
20.
Disebut
apakah pengujian yang dilakukan untuk memastikan bahwa tulkisan dapat dibaca
dengan warna-warna yang selaras ? (uji
visual)
21.
Pengujian
yang dilakukan untuk memastikan bahwa penyalur menganggap kemasan tersebut
menarik dan mudah ditangani disebut.... (uji
penyalur)
22.
Bentuk
produk, fiture, kinerja, kesersuaian, tahan lama, kaeandalan, kemudahan untuk
diperbaiki, gaya, rancangan termasuk diferensiasi merek berdasarkan.... (jumlah dimensi produk atau jasa yang
berbeda)
23.
Menetapkan
penggunaan lebel yang diwajibkan dan mendorong standar pengemasan industri
sukarela merupakan isi dari undang-undang.... (UU pengemasan dan pelebelan yang jujur)
24.
Label
yang menjelaskan kesegaran produk disebut.... (label tanggal penggunaan)
25.
Jaminan
yang menyatakan bahwa produk tersebut bermutu tinggi dan bahwa perusahaan
tersebut dan kinerja layanannya dapat diandalkan disebut.... (garansi)
TRUE AND FALSE
JAWABAN BENAR
1.
Barang
khusus mempunyai identifikasi merek yang unik dan karena itulah cukup banyak
pembeli bersedia melakukan upaya pembelian yang khusus. (B)
2.
Bahan baku dan suku cadang, barang modal, pasokan
dan layanan bisnis adalah kelompok barang industri. (B)
3.
Keandalan
pengiriman dan harga merupakan faktor utama yang mempengaruhi pemilihan
pemasok. (B)
4.
Produk
adalah unsur pertama dan terpenting dalam bauran pemasaran. (B)
5.
Kertas
tulis dan pensil termasuk perlengkapan operasional. (B)
6.
Perlengkapan
adalah sesuatu yang ekuivalen dengan barang mudah biasanya bibeli dengan upaya
yang sangat sedikit dengan pembelian ulang langsung. (B)
7.
Ordering
easi mengacu pada seberapa mudah pelanggan melakukan pemesanan ke perusahaan. (B)
8.
Asuransi
jiwa adalah contoh dari lini produk. (B)
9.
Platform
dan modul dasar diciptakan perusahaan dalam menawarkan lini produk untuk
memenuhi tuntutan pelanggan. (B)
10.
Lini
produk yang panjang dimiliki oleh perusahaan yang ingin memperoleh pangsa pasar
dan pertumbuhan pasar yang tinggi. (B)
11.
Dengan
adanya penetapan harga produk sampingan akan menekan harga produk utamanya. (B)
12.
Tujuan
dari pengemasan adalah untuk mengetahui identifikasi merek. (B)
13.
Uji
konsumen dilakukan untuk memastikan tanggapan konsumen yang positif. (B)
JAWABAN SALAH
1.
Tidak
adanya perbaikan produk akan dapat menghasilkan pendapatan dan pangsa pasar
yang besar. (S)
Perbaikan produk terus-menerus
dapat menghasilkan pendapatan dan pangsa pasar yang besar. (B)
2.
Sifat
mudah diperbaiki yang ideal adalah jika pemakai membetulkan produk dengan biaya
yang mahal dan waktu yang relatif lama. (S)
Sifat mudah diperbaiki yang
ideal adalah jika pemakai membetulkanproduk itu dengan biaya murah dan waktu
yang relatif singkat. (B)
3. Gaya adalah totalitas fitur yang
mempengaruhi penampilan dan fungsi produk tertentu yang diisyaratkan oleh
pelanggan. (S)
Rancangan
adalah totalitas fitur yang mempengaruhi penampilan dan fungsi produk
tertentu yang diisyaratkan oleh pelanggan. (B)
4.
Perancangan
mengacu pada pekerjaan yang dilakukan untuk membuat produk tertentu beroperasi
di lokasi yang ditentukan. (S)
Pemasangan mengacu pada
pekerjaan yang dilakukan untuk membuat produk tertentu beroperasi di lokasi
yang ditentukan. (B)
5.
Pelatihan
pelanggan tidak termasuk diferensiasi jasa. (S)
Pelatihan pelanggan termasuk
diferensiasi jasa. (B)
6.
Berupaya
memuaskan penyalur yang mengeluhkan kehilangan penjualan karena tidak memiliki
jenis produk dalam satu lini merupakan motif dalam perentangan lini. (S)
Berupaya memuaskan penyalur yang mengeluhkan
kehilangan penjualan karena tidak memiliki jenis produk dalam satu lini
merupakan motif dalam pengisian lini. (B)
7.
Taman
hiburan yang mengenakan biaya tiket masuk ditambah ongkos wahana diatas jumlah
minimum tertentu termasuk penetapan harga produk pelengkap. (S)
Taman hiburan yang mengenakan
biaya tiket masuk ditambah ongkos wahana diatas jumlah minimum tertentu
termasuk penetapan harga dua bagian. (B)
8. Penggabungan murni terjadi
apabila perusahaan menawarkan barang satuan atau gabungan. (S)
Pennggabungan murni terjadi apabila
perusahaan menawarkan produknya sebagai satu gabunganh. (B)
9. Merek bersama adalah penentuan
merek sendiri dimana perusahaan mengiklankan dan bahkan memberikan merek dagang
pada unsur-unsur yang diberi merek mereka sendiri. (S)
Merek bersama adalah penggabungan
dua atau lebih merek terkenal menjadi satu produk patungan yang dipasarkan
bersama dalam satu mode. (B)
10.
Uji
visual dilakukan untuk memastikan bahwa kemasan tersebut tahan dalam kondisi
normal. (S)
Uji teknis dilakukan untuk
memastikan bahwa kemasan tersebut tahan dalam kondisi normal. (B)
11. Tidak perlu adanya perbaikan
lebel dari tahun ke tahun. (S)
Perlu adanya perbaikan lebel
dari tahun ke tahun. (B)
12.
Label
tingkat mutu berfungsi untuk menunjukan persentasi masing-masing unsur yang
penting. (S)
Label persentase berfungsi untuk
menunjukan persentasi masing-masing unsur yang penting. (B)
ESSAY
1.
Sebutkan
hierarki nilai pelanggan !
jawab:
-tinkat
yang mendasar adalah manfaat inti (core benefit) yaitu layanan atau manfaat
mendasar yang sesungguhnya dibeli pelanggan
-tingkat
kedua adalah pemasar harus mengubah manfaat inti menjadi produk dasar
-tingkat
ketiga adalah pemasar menyiapkan (produk yang diharapkan) expected product
-tingkat
keempat adalah pemasar menyiapkan produk yang ditingkatkan (augmented product)
yang melampaui harapan pelanggan
-tingkat
kelima adalah calon product (potential product)
2.
Menurut
daya tahan dan wujudnya produk dapat diklasifikasikan menjadi 3, sebutkan dan
jelaskan !
Jawab:
-barang
yang tidak tahan lama (nondurable goods) adalah barang-barang berwujud yang
biasanya dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali penggunaan
-barang
tahan lama (durable goods) adalah barang berwujud yang biasanya tetap bertahan
walopun sudah digunakan berkali-kali
-jasa
(sevices) adalah produk-produk yang berwujud, tidak terpisahkan dan mudah habis
3.
Sebutkan
dan jelaskan klasifikasi produk menurut kebiasaan belanja !
Jawab:
-barang
sehari-hari yaitu barang-barang yang biasanya sering dibeli pelanggan dengan
cepat dan dengan upaya yang sangat sedikit
-barang
toko adalah barang-barang yang biasanya dibandingkan berdasarkan kesesuaian,
kualitas, harga, dan gaya dalam proses pemilihan dan pembeliannya
-barang
khusus adalah barang yang mempunyai ciri-ciri atau identifikasi merek yang unik
dan karena itulah cukup banyak pembeli bersedia melakukan upaya pembelian yang
khusus
-barang
yang tidak dicari yaitu barang-barang
yang tidak diketahui konsumen atau mereka tidak terpikir untuk membelinya
4.
Sebutkan
dan jelaskan pembagian barang mudah (convenience goods) !
Jawab:
-kebutuhan
pokok adalah barang-barang yang dibeli konsumen secara teratur
-barang
dadakan adalah barang yang dibeli tanpa perencanaan
-barang
darurat adalah barang yang dibeli konsumen pada saat kebutuhan mendesak
5.
Sebutkan
perbedaan barang toko homogen dan heterogen !
Jawab:
-barang
toko homogen yaitu barang yang memiliki kemiripan mutu, ttetapi cukup berbeda
dari segi harga sehingga dapat menjadi alasan perbandingan dalam berbelanja
-barang
toko heterogen yaitu barang yang berbeda dari segi ciri-ciri produk dan layanan
yang munkin dianggap lebih penting daripada harganya
6.
Sebutkan
ciri-ciri barang khusus !
Jawab:
-barang
khusus tidak membutuhkan orang melakukan perbandingan
-pembeli
mengorbankan waktu hanya untuk mendatangi penyalur yang menyediakan produk yang diingfinkan
-penyalur
tidak memerlukan tempat yang mudah dijangkau, namun mereka harus memberitahukan
dimana lokasi mereka
7.
Jelaskan
pembagian bahan baku dan suku cadang !
Jawab
Brang
ini terbagi menjadi dua kelompok, yang pertama adalah bahan mentah. Bahan
mentah terbagi menjadi 2 klompok yaitu produk pertanian, produk pertanian yaitu produk yang berasal
dari hasil pertanian. Produk alam, yaitu produk yang disediakan dan diambil
langsung dari alam. Yang kedua adalahbahan baku dan sukun cadang. Bahan baku
dan suku cadang dbagi menjadi bahan baku komponen seperti benang, dan su,u
cadang komponen yaitu, barang yang masuk ke produk jadi tanpa perubahan bentuk
lebih lanjut.
8.
Sebutkan
dan jelaskan 5 diferensiasi produk !
Jawab:
-mutu
kinerja adalah level berlakunya karakteristik produk
-mutu
kesesuaian adalah tingkat kesesuaian dan pemenuhan semua unit yang diproduksi terhadap
spesifikasasaran yang dijanjikan
-daya
tahan adalah ukuran usia yang diharapkan atas beropersinya produk dalam kondisi
normal atau berat
-keandalan
adalah ukuran probabilitas bahwa produk tertentu tidak akan rusak atau gagal
pada periode waktu tertentu
-mudah
diperbaiki adalah ukuran kemudahan untuk memperbaiki produk ketika produk itu
rusak
9.
Sebutkan
dan jelaskan apa saja yang termasuk dalam diferensiasi jasa !
Jawab:
-kemudahan
pemesanan yaitu seberapa mudah pelanggan dapat melakukan pemesanan ke
p[erusahaan
-pengiriman
yaitu seberapa baik produk atau jasa diserahkan kepada pelanggan
-pemasangan
yaitu pekerjaan yang dilakukan untuk membuat produk tertentu beroperasi di
lokasi yang direncanakan
-pelatihan
pelanggan yaitu pelatihan para pegawai pelanggan untuk menggunakan peralatan
dari penjual secara tepat dan efisien
-konsultasi
pelanggan yaitu pelayanan data, sistem informasi dan saran yang diberikan
penjual kepada pembeeli
-pemeliharaan
dan perbaikan yaitu program pelayanan perusahaan untuk membantu pelanggan
menjaga produk yang nereka beli senantiasa dalam kondisi kerja yang baik
10.
Jelaskan
faktor apa saja yang mempengaruhi rancangan !
Jawab:
Perancang
harus memikirkan berapa b esar yang
perlu diinvestasikan dalam bentuk, pengembangan fitur, kinerja, kesesuaian
terhadap spesifikasi, daya tahan, keandaian, kemudahan perbaikan dan gaya. Produk
yang dirancang dengan baik bagi pelanggan adalah produk yang menyenangkan untuk
dilihat dan mudah dibuka, dipasang, digunakan, diperbaiki serta dibuang.
Sedangkan menurut peerusahaan, produk
yang dirancang dengan baik adalah produk yang akan mudah diproduksi dan
didistribusikan.
11.
Sebutkan
dan jelaskan tingkatan dalam hierarki produk !
Jawab:
Hierarki
produk membentang mulai dari kebutuhan dasar hingga barang-barang khusus yang
memuaskan kebutuhan tersebut. Yang terdiri dari
-keluarga
kebutuhan yaitu kebutuhan inti yang
mendasari keberadaan suatu kelompok produk
-keluarga
produk yaitru semua kelas produk yang dapat memenuhi kebutuhan inti dengan
efektif
-kelas
produk yaitu sekelomnpok produk dalam keluarga produk yang diakui mempunyai
ikatan fungsional tertentu
-lini
produk yaitu sekelompok produk dalam kelas produk yang saling terkait erat
karena produk tersebut melakukan fungsi yang sama, dijual pada kelompok
pelanggan yang sama dan dipasarkan melalui saluran lini produk yang sama, atau
masuk kedalam rentang harga tertentu
-jenis
produk yaitu sekelompok barang dalam lini produk yang sama-sama memiliki salah
satu dari beberapa kemungkinan bentuk tersebut
-barang
yaitu unit tersendiri dalam suatu merek atua lini produk yang dapat dibedakan
berdaasarkan ukuran, harga, penampilan, atau ciri lain
12.
Apa
yang dimaksud dengan bauran produk dan jelaskan dimensi yang dimiliki bauran
produk !
Jawab:
Bauran
produk adalah kumpulan seluruh produk dan barang yang ditawarkan penjual
tertentu kepada pembeli. Dimensi yang dimiliki adalah sebagai berikut
-lebar
suatu bauran produk mengacu pada berapa banyak lini produk yang berbeda
dimiliki perusahaan tersebut
-kedalaman
suatu bauran produk mengacu pada jumlah seluruh barang dalam bauran tersebut
-keluasan
bauran produk mengacu pada berapa banyak jenis yang ditawarkan masing-masing
produk dalam lini tersebut
-konsistensi
bauran produk mengacu pada seberapa erat hubun gan berbagai lini produk dalam
penggunaan akhir, ketentuan produksi, saluran distribusi atau hal-hal lainya
13.
Jelaskan
pembagian lini produk komputer dalam menghasilkan margin kotor berdasar pada
volume penjualan dan promosinya !
Jawab:
-produk
inti, komputer dasar menghasilkan volume penjualan yang tinggi dan sangat
gencar dipromosikan tetapi mempunyai margin yang rendah karena dipandang
sebagai komoditas yang tidak terdiferensiasi
-kebutuhan
pokok, barang-barang dengan volume penjualan yang lebih rendah dan tanpa
promosi, seperti CPU yang lebih cepat atau memori yang lebih besar. Barang ini
menghasilkan margin yang agak lebih tinggi
-kekhususan,
barang-barng yang volume penjualanya lebih rendah, tetapi sangat gencar
dipromoisikan, seperti peralatan pembuatan film digital, atau mungkin
menghasilkan pendapatan dari layanan, seprti pengiriman pribadi, pemasangan
atau pelatihgan ditempat kerja
-barang
kemudahan, barang-barang tabahan yang terjual dengan volume tinggi, tetapi
kurang mendapatkan promosi seperti monitor komputer, printer, atau piranti
lunak. Konsumen cenderung membelinya dimana konsumen membeli piranti assli karena
hal itu lebih nyaman daripada melakukan perjalanan lebih jauh untuk membelinya
14.
Sebutkan
dan jelaskan arah dari perentangan lini !
Jawab:
-Perentangan
ke pasar atas, perusahaan akan memasuki bagian atas pasar tersebut untuk
memperoleh pertumbuhan yang lebih besar, margin laba yang lebih tinggi, atau
sekedar memposisikan diri sebagai produsen lini lengkap.
-Perentangan
kepasar bawah, suatu perusahaan yang berada di pasar menengah akan
memperkenalkan lini dengan hargaq yang lebih rendah,
-perentangan
dua arah, perusahaan-perusahaan yang menangani pasar menengah memutuskan untuk
merentangkan lininya ke dua arah.
15.
Sebutkan
alasan perusahaan melakukan perentangan lini kebawah !
Jawab:
-perusahaan
tersebut mungkin mengamati peluang-peluang pertumbuhan yang kuat sebagai
pengecer besar-besaran
-perusahaan
tersebut ingin membatasi pergerakan pesaing-pesaing dalam kelas yang lebih
rendah yang tadinya mencoba untuk beralih ke pasar lapis atas. Jika sudah lebih
diserang pesaing kelas bawah, perusahaan tersebut sering meemutuskan untuk
melakukan serangan balik dengan memasuki kelas bawah pasar tersebut
-perusahaan
tersebut mungkin menemukan bahwa pasar menengah sedang mengalami stagnasi atau
klemunduran
16.
Jelaskan
masalah yang dihadapui perusahaan ketika memutuskan beralih kepasar bawah !
Jawab:
Perusahaan
menghadapi beberapa pilihan nama, antara lain :
tetap memakai nama asli untuk semua tawaran. Memperkenalkan tawaran yang
lebih rendah dengan menggunakan nama submerek atau menawarkan dengan harga yang
lebih renadah lagi tanpa membawa nama asli.
17.
Menurut
anda dalam memperbaharui lini lebih baik sedikit demi sedikit atau sekaligus ?
tolong jelaskan !
Jawab:
Menurut
saya perubahan lini sedikit demi sedikit lebih baik karena dengan pendekatan
sedikit demi sedikit memungkinkan perusahaan tersebbut melihat bagaimana
pelanggan dan penyalur menyukai gaya baru tersebut, dan juga mengeluarkan kas
yang lebih sedikit. Sehinggaperusahaan akan membuat produk yang sesuai dengan
keinginan pelanggan dan akan lebih memaksimalkan pendapatan.
18.
Sebutkan
dan jelaskan bentuk-bentuk penetapan harga bauran produk !
Jawab:
-penetapan
harga lini produk, perusahaan
biasanya mengembangkan lini
produk hanya satu dan memperkenalkan tahap-tahap harga
-penetapan
harga ciri-pilihan, perusahaan menawarkan produk, ciri khas atau fiture, dan
jasa pilihan bersama produk utamanya
-penetapan
harga produk pelengkap, perusahaan memerlukan produk tambahan atau produk pelengkap
untuk produknya
-penetapan
harga dua bagian, perusahaan jasa sering terlibat dalam penetapan harga dua
bagian, yang terdiri atas tarif tetap ditambah biaya pemakaian yang tidak tetap
-penetapan
harga produk sampingan, jika produk sampingan tersebut memiliki nilai bagi
kelompok pelanggan, barang tersebut seharusnya dikenakan harga berdasarkan
nilainya
-penetapan
harga penggabungan produk, penjual sering menggabungkan produk-produk dan ciri
khas barang
19.
Sebutkan
masalah yang dihadapi restoran dalam penetapan harga dan solusi dari masalah
tersebut !
Jawab:
Masalah
yang dihadapi restoran dalam penetapan harga adalah pelanggan sering dapat
memesan minuman selain makanan.
Solusinya adlah dengan menetapkan harga tinggi untuk minumananya dan
harga rendah untuk makananya. Pendapatan dari makanan akan menutupi biaya dan
pendapatan dari minuman akan menghasilkan lana. Atau dengan cara menetapkan
harga yang rendah untuk minuman dan harga yang tinggi untuk makanan guna
menarik kelompok peminum.
20.
Sebutkan
keuntungan dari pemakaian merek bersama !
Jawab:
Keuntungan
pemakaian merek bersama adalah produk bisa diposisikan secara meyakinkan
berdasarkan multi merek yang terlibat. Merek bersama dapat menghasilkan
penjualan yang lebih besar dari pasar
sasaran yang ada dan juga membuka peluang tambahan dengan konsumen daan saluran
baru. Merek bersama juga dapat mengurangi biaya pengenalan produk karena dua
citra yang terkenal itu digabungkan.
Merek bersaama juga merupakan sarana belajar konsumen dan bagaimana perusahaan lain
mendekati mereka.
21.
Sebutkan
kerugian dari pemakaian merek bersama !
Jawab:
Kerugian
dari merek bersam adalah adanya risiko dan kurang terkontrolnya penggabungan
dengan merek lain yang terjadi dalam pikiran konsumen.harapan konsumen tentang
tingkat keterlibatan daan komitmen dengan merek bersama mungkin tinggi,
sehingga kinerja yang tidak memuaskan dapat membawa penolakan yang negatif
terhadap merek-merek bersam yang terlibat. Jika merek lain telah masuk ke dalam
sejumlah penataan merek bersama, kemungkinan ada resiko bahwa pemaparan
berlebih akan mengencerkan peralihan asosiasi apapun. Yanng bisa mengakibatkan
tidak adanya fokus pada merek yang ada.
22.
Sebutkan
dan jelaskan faktor yang berperan dalam meningkatnya penggunaaan kemasan
sebagai alat pemasaran !
Jawab:
-swalayan,
makin banyaknya produk yang dijual di swlayan
-kemakmuran
konsumen, meningkatnya kemakmuran konsumen berarti konsumen bersedia membayar
sedikit lebih mahal untuk kenyamanan, penampilan, keandalan, dan gengsi kemasan
yang baik
-citra
perusahaan dan merek, kemasan berperan bagi pengakuan langsung terhadap
perusahaan ataupun merek tersebut
-peluang
inovasi, pengemasan yang inovatif dapat memberikan manfaat yang besar bagi
konsumen dan laba produsen
23.
Sebutkan
fungsi dari pelabelan dan beri contohnya !
jawab
-mengidentifikasi
produk atau merek, misal sunkist yang dicap pada jeruk
-menjelasskan
produk, seperti siap pembbuatnya, kapan dibuat, apa saja kandungannya,
bagaimana digunakan, dan bagaimana menggunalkannya dengan aman
-mempromosikan
produkmelaluyi grafik-grafik yang menarik, misal label membungkus ketat seluruh
wadah dengan tulisan-tulisan yang terang dan mengakomodasikan lebih banyak
informasiproduk pada kemasan,menggantikan label tulisan yang dilem pada kaleng
dan botol
24.
Jelaskan
fungsi dari garansi !
Jawab:
Garansi
berfungsi efektif dalam dua situasi. Yang peertama apabila perusahaan atau
produk tersebut tidak terkenal. Misalnya adalah garansi uang kembali jika tidak
puas, akan memberikan suatu keyakinankepada pembeli untuk membbeli produk
tersebut. Situasi kedua adalah apabila mutu tersebut lebih unggul dibandingkan
dengan pesaing. Perusahaan tersebut akan memperolehkeuntungan dengan memberikan
garansikinerja yang lebih unggui, karena tahu bahwa pesaing-pesaingnya tidak
dapat mengimbangi garansinya.
25.
Sebutkan
bentuk merek bersama dan beri controhnya !
Jawab:
-merek
bersama sesama perusahaan, seperti ketika General Mills mengiklankan Yogurt
Trix dan Yoplait
-merek
berswama usaha patungan, seperti kasus bola lampu General Electric dan Hitachi
di Jepang
-merek
bersama multi sponsor, seperti dalam kasus Taligent, suatu aliansi teknologi
antara Apple, IBM, dan Motorola
-merek
bersamaa eceran, seperti restoran-restoran cepat saji menggunakan lokasi yang
sama sebagai cara untuk mengoptimalkan baik ruang maupun laba
Tidak ada komentar:
Posting Komentar