MANAJEMEN PEMASARAN
BAB :
“Pengaruh Psikologis Terhadap Perilaku Pembeli dan Klasifikasi Barang- Barang
konsumen”
Buku
:”PRINSIP PEMASARAN” WILLIAM J STANTON
STEI KAMPUS E
MULTIPLE
CHOICE
1.
Belajar
merupakan kegiatan yang tidak mencakup perubahan perilaku yang di sebabkan
oleh... (A)
a.
respons inkstintif
b.
pengalaman masa lalu
c.
cita – cita
d.
silsilah keluarga
2.
Dibawah
ini termasuk pertumbuhan / keadaan temporer organisasi tubuh adalah... (B)
a.
lapar
b.
hujan
c.
lelah
d.
tidur
3.
Faktor
yang tidak menjadi dasar dari proses belajar yaitu... (C)
a.
dorongan
b.
isyarat
c.
kelemahan
d.
respon
4.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi proses belajar dalam teori kognitif sebagai berikut,
kecuali... (C)
a.
sikap dan keyakinan
b.
pengalaman masa lalu
c.
iklan
d.
pemahaman yang mendalam tentang bagaiman mencapai suatu tujuan
5.
Dibawah
ini adalah arti dari gestalt, kecuali... (D)
a.
konfigurasi
b.
pola
c.
bentuk
d.
sifat
6.
Totalitas
seluruh fakta-fakta yang ada pada diri seseorang dan lingkungannya pada saat
dia berperilaku disebut... (A)
a.
ruang kehidupan
b.
cara hidup
c.
usaha untuk hidup
d.
ruang belajar
7.
Dibawah
ini termasuk tindakan yang reasonable
adalah... (D)
a.
seorang wanita berpakaian rapi sedang mengecat rumahnya
b.
seorang wanita berpakaian rapi sedang mencangkul kebunnya
c.
seorang wanita berpakaian rapi sedang memanjat pohon
d.
seorang wanita berpakaian rapi sedang jalan–jalan di mall
8.
Menurut
fred alam pikiran manusia terdiri dari 3, yaitu... (C)
a.
id, superego dan inkstink
b.
id, ego dan inkstink
c.
id, ego dan superego
d.
inkstink, ego dan emosi
9.
Kita
mengembangkan cara lain yang lebih halus karena kita sadar dengan cara langsung
kita tidak bisa memuaskan keinginan kita. Kejadian ini merupakan teori dari...
(B)
a.
pengalaman belajar
b.
psikoanalisis dan kepribadian
c.
stimulus respon
d.
kognitif
10.
Komunikasi
yang tidak digunakan perusahaan untuk mengubah sikap konsumen agar bisa sesuai
dengan produknya adalah... (B)
a.
iklan
b.
memaksa konsumen
c.
promo
d.
menempatkan sales di mall
11.
Para
responden yang diminta untuk menggolongkan beberapa produk sesuai dengan
tingkaat pilihan mereka, merupakan contoh dari... (A)
a.
skala sikap
b.
perubahan sikap
c.
pemaksaan sikap
d.
pembentukan sikap
12.
Di
bawah ini merupakan pengukuran sikap, kecuali... (D)
a.
seorang peneliti yang bertanya langsung tentang produknya kepada konsumen
b.
meminta responden untuk menggolongkan beberapa produk
c.
meminta mereka menilai beberapa item sesuai dengan tingkat pilihan mereka
d.
meminta mereka untuk membeli produk tertentu
13.
Cara
memandang diri kita seendiri disebut... (A)
a.
citra diri
b.
percaya diri
c.
manajemen diri
d.
kemampuan diri
14.
Di
bawah ini merupakan ancangan pemecahan keputusan untuk membeli, kecuali... (B)
a.
pengenalan kebutuhan yang belum terpuaskan
b.
pembelian produk yang murah
c.
keputusan beli
d.
perilaku purna beli
15.
Yang
tidak termasuk kriteria evaluasi yang dipakai konsumen adlah... (C)
a.
pengalaman masa lalu
b.
sikap terhadap aneka merk
c.
hanya melihat satu merk saja
d.
pendapat para anggota keluarganya
16.
Yang
tidak termasuk motif beli pelindung adalah... (C)
a.
kenyamanan lokasi
b.
harga
c.
penampilam toko yang tidak menarik
d.
kemudahan dalam mencari barang
17.
Di
bawah ini termasuk unsur-unsur keputusan memilih merk, kecuali... (D)
A.
serangkaian motif
b.
rangkaian yang tergugah
c.
perantara keputusan
d.
kebutuhan orang lain
18.
Faktor
penghambat atau inhibitor yang mempengaruhi proses beli, kecuali... (D)
a.
harga
b.
tersedia tidaknya barang
c.
status keuangan pembeli
d.
kegunaan barang
19.
Pembeli
yang merasa bosan dengan merk pilihannya akan memperrumit situasi dengan
mengawali kembali proses pencarian produk. Hal ini disebut... (A)
a.
psikologi komplikasi
b.
psikologi simplifikasi
c.
psikologi interaksi
d.
psikologi sosialisasi
20.
Teori
yang menguraikan bahwa masukan dalam stimulasi fisik dan sosial merangsang
indera seseorang dan lalu membangkitkan kebutuhan dalam dirinya adalah... (B)
a.
teori stimulus respon
b.
teori Engel-Kollat black Well
c.
teori howard-Sheth
d.
teori kognitif
21.
Kue
yang dijual di restoran merupakn contoh dari... (C)
a.
bahan baku
b.
barang pembantu
c.
barang industri
d.
barang konsumen
22.
Laptop
yang dibeli mahasiswa merupakan contoh dari... (D)
a.
bahan baku
b.
barang pembantu
c.
barang industri
d.
barang konsumen
23.
Contoh
dari barang kemudahan adalah sbb, kecuali... (A)
a.
sofa
b.
rokok
c.
pasta ggigi
d.
baterai
24.
Yang
tidak termasuk barang-barang perbelanjaan adalah... (B)
a.
pakaian wanita
b.
sikat gigi
c.
perhiasan
d.
sepatu
25.
Di
bawah ini adalah contoh dari barang khusus adalah... (C)
a.
beras
b.
sapu
c.
pakaian dengan harga yang mahal
d.
pakaian yang diobral
JAWABAN
SINGKAT
1.
Perubahan-perubahan
perilaku yang disebabkan oleh pengalaman masa lalu disebut... (belajar)
2.
Disebut
apakah rangsangan yang agak lemah tetapi menentukan pola dari respon seperti
kapan, dimana, dan bagaimana perilaku respon ? (isyarat)
3.
Prinsip
yang mempostulasikan bahwa kita cenderung melengkapi simbol angka untuk
membuatnya bermakna adalah... (prinsip penutup/ closure)
4.
Dalam
simbol “13 0” akan ditutup menjadi “B O” perubahan dalam spasi memberi bentuk
yang lain.
Kejadian
diatas merupakan ilustrasi dari prinsip... (proksimitas)
5.
Disebut
apakah ciri-ciri seseorang yang menjadi determinan atau faktor penentu dalam
perilaku respon ? (kepribadian)
6.
Suara
hati yang menerima standar-standar moral dan mengarahkan dorongan inkstink ke
arah jalur-jalur yang diterima masyarakat disebut... (superego)
7.
Pusat
kontrol rasional/ kesadaran yang mengusahakan keseimbangan antara id dan
superego disebut... (ego)
8.
Evaluasi
kognitif seseorang yang berlangsung terus-menerus atau kecenderungan bertindak
ke arah sasaran disebut... (sikap)
9.
Disebut
apakah cara kita melihat diri kita sejujurnya ? (konsep diri aktual)
10.
Apa
yang harus dilakukan konsumen setelah seemua alternatif yang wajar
diidentifikasi ? (evaluasi alternatif)
11.
Alasan-alasan
seorang konsumen melindungi toko tertentu disebut... (motif beli pelindung)
12.
Disebut
apakah alasan-alasan seorang konsumen membeli sebuah produk tertentu ? (motif
beli produk)
13.
Kaliber
tenaga penjual sebuah produk merrupakan contoh dari... (motif beli pelindung)
14.
Membantu
para pembeli membuat identifikasi kelas sosial yang diperlukan merupakan fungsi
penting dari... (toko pengecer)
15.
Disebut
apakah penyimpangan dalam kognisi/ pengetahuan ? (disonansi)
16.
Kon
festinger memberi nama keadaan cemas purna beli sebagai... (disonansi kognitif)
17.
Teori
apakah yang menyatakan bahwa membeli merupakan latihan penalaran dalam
pemecahan masalah dan perilaku pembeli bersifat sistematik ? (teori
howard-sheth)
18.
Serangkaian
peraturan yang digunakan oleh pembeli untuk mencocokan motif-motif merreka
dengan alternatif supaya motif mereka dapat terpuaskan disebut... (perantara
keputusan)
19.
Produk
yang dibuat untuk dipergunakan oleh konsumen kalangan rumah tangga dan tujuan
yang bukan bisnis disebut... (barang konsumen)
20.
Produk
yang dibuat khusus dipergunakan untuk memproduksi barang lain atau untuk
memberikan jasa-jasa dalam bisnis disebut... (barang industri)
21.
Produk
yang biasanya oleh konsumen diperbandingkan kualitasnya, harganya, coraknya, di
beberapa toko sebelum dibeli disebut ? (barang-barang perbelanjaan)
22.
Barangnya
mudah dibeli dengan upaya yang kecil merupakan karakteristik dari... (barang
kemudahan)
23.
Pembagian
produk konsumen didasarkan pada ... (kebiasaan beli)
24.
Sabun
mandi merupakan salah satu contoh dari barang... ((kemudahan)
25.
Barang-barang
mahal dan mempunyai merk khusus merupakan contoh dari barang... (barang-barang
khas)
TRUE AND FALSE
Jawaban
benar
1.
Pengalaman
merupakan faktor yang mempengaruhi persepsi seseorang (B)
2.
Kunci
untuk memahami konsumen terletak pada kemampuan menginterpretasikan dan meramalkan
proses belajar konsumen (B)
3.
Seluruh
bagian dari progam pemasaran seperti harga, jenis iklan, kualitas produk, dan
lain-lain harus selaras dengan harapan konsumen (B)
4.
Lingkungkungan
situasional merupakan faktor penentu kunci di dalam menentukan perilaku. (B)
5.
Motif
sesungguhnya dari seseorang membeli sebuah produk tertentu disebuah toko
biasanya tidak tampak dari luar, merupakan implikasi pemasaran dari teori
psikoanalisis. (B)
6.
Sikap
dibentuk oleh informasi yang diperoleh seseorang melalui pengalaman masa
lalunya dengan produk. (B)
7.
Ancangan
pemecahan keputusan yang mencakup 6 tahap hanya dipakai dalam situasi beli
tertentu, seperti pembelian produk normal. (B)
8.
Kecepatan
pelayaanan merupakan contoh dari motif
beli pelindung yang penting. (B)
9.
Kesukaran
yang dihadapi usaha bisnis untuk menerapkan abstraksi teoritis ke dalam
kegiatan praktis merupakan masalah dalam merumuskan teori perilaku pembeli. (B)
10.
Teori
Howard-Sheth menjelaskan bagaimana suatu stimulus tertentu bisa menghasilkan respon
pembeli yang berbeda tergantung dari tingkat motivasi setiap orang. (B)
11.
Dasar
utama yang digunakan untuk membedakan barang industri dan barang konsumen
adalah penggunaan akhir yang sesuai dengan tujuan semula barang itu diproduksi.
(B)
12.
barang
kemudahan biasanya tidak berharga mahal. (B)
13.
Kategori
yang dipakai untuk menggolongkan sustu toko tergantung dari apakah pelanggan
berbelanja disini karena kebetulan toko itu ada atau mereka memilih toko ini
tanpa memperdulikan letak, jarak dll. (B)
jawaban
salah
1.
Kelemahan
merupakan unsur yang penting dalam model stimulus respon. (S)
Penguatan
merupakan unsur yang penting dalam modal stimulus respon. (B)
2.
Dalam
teori Stimulus Respon, perilaku merupakan hasil dari keyakinan. (S)
Dalam
teori Stimulus Respon, perilaku merupakan hasil dari kadar penguatan yang
berasal dari respon terhadap beberapa rangsangan. (B)
3.
Ciri-ciri
yang ada dalam lapangan total tidak mempengaruhi persepsi seseorang terhadap
stimulus –stimulus dalam lapangannya. (S)
Ciri-ciri
yang ada dalam lapangan total mempengaruhi persepsi seseorang terhadap stimulus
–stimulus dalam lapangannya. (B)
4.
Ciri-ciri
kepribadian (personality traits) konsumen tidak mempengaruhi persepsi dan
perilaku beli mereka. (S)
Ciri-ciri
kepribadian (personality traits) konsumen mempengaruhi persepsi dan perilaku
beli mereka. (B)
5.
Ego
merupakan dorongan inkstink dari dalam diri manusia dan banyak yang anti
sosial. (S)
Id
merupakan dorongan inkstink dari dalam diri manusia dan banyak yang anti
sosial. (B)
6.
Konsep
diri yang aktual yaitu cara kita ingin dilihat atau berharap melihat diri kita
sendiri. (S)
Konsep
diri yang ideal yaitu cara kita ingin dilihat atau berharap melihat diri kita
sendiri. (B)
7.
Perilaku
beli bukanlah kegiatan rutin yang akan terpuaskan melalui pembelian ulang. (S)
Perilaku
beli merupakan kegiatan rutin yang akan terpuaskan melalui pembelian ulang. (B)
8.
Menghindari
infomasi seperti iklan tentang produk yang tidak dipilih merupakan cara untuk
meningkatkan disonansi. (S)
Menghindari
infomasi seperti iklan tentang produk yang tidak dipilih merupakan cara untuk
mengurangi disonansi. (B)
9.
Keabsahan
model produk membutuhkan pengujian empiris lebih lanjut. (S)
Keabsahan
model produk tidak membutuhkan pengujian empiris lebih lanjut. (B)
10.
Heterogen
adalah klasifikasi produk yang serba sama. (S)
Homogen
adalah klasifikasi produk yang serba sama. (B)
11.
Barang
perbelanjaan merupakan produk yang dipilih konsumen karena merknya yang kuat.
(S)
12.
barang-barang
khas yang merupakan produk yang dipilih konsumen karena merknya yang kuat. (B)
13.
Setiap
klasifikasi produk menuntut metoda pemasaran yang sama karena pada akhirnya
masing-masing akan pergi ke pasar yang berbeda. (S)
Setiap
klasifikasi produk menuntut metoda pemasaran yang bebeda karena pada akhirnya
masing-masing akan pergi ke pasar yang berbeda. (B)
ESSAY
1.
Jelaskan
pendapat dari teori stimulus respon dan contoh penerapannya ?
Jawab:
Teori
ini beranggapan bahwa belajar terjadi bilamanaseeseorang atau binatang
memberrikan respon terhadap beberapa stimuslus dan diperkuat dengan dipuaskanya
suatu kebutuhan untuk respon yang tepat atau dihukum jika memberikan respon
yang salah. Pola perilaku akan terjadi apabila respon yang tepat terhadap suatu
stimulus diulang secara tepat dan teerus-menerus.
Contoh
penerapanya adalah iklan dari perusahaan Asuransi Bumi Putra yang selam
berpuluh tahun memakai simbol keluarga dalam perisai.
2.
Sebutkan
dan jelaskan faktor utama yang menjadi dasar proses belajar !
Jawab:
Faktor
utama yang menjadi dasar dari proses belajar adalah sbb:
-dorongan
atau motif adalah stimulus/ rangsangan yang kuat dan membutuhkan pemuasan, yang
dikenal sebagai respon.
-isyarat/
cue merupakan rangsangan yang agak lemah tetapi menentukan pola dari respon
“kapan, dimana, dan bagaiman” perilaku respon.
-respon
merupakan reaksi perilaku terhadap dorongan dan isyarat.
-penguatan
adalah hasil yang terjadi apabila respon cukup.
3.
Jelaskan
proses terjadinya belajar konsumen !
Jawab:
Proses
belajar dimulai dengan sebuah pola perilaku yang dipelajari yaitu adanya respon
yang memuaskan yang menyebabkan terjadinya hubungan antara isyarat dan respon.
Jadi belajar timbul dari penguatan. Penguatan yang terjadi secara terus-menerus
akan terbina menjadi kebiasaaan atau habit. Sekali sebuah pola perilaku
diterapkan, ia akan menggantikan perrilaku yang disengaja. Makin kuat suatu
kebiasaan, makin sukar bagi produk lain untuk memasukinya. Sebaliknya, konsum
en akan membeli produk pengganti atau bergeser ke merk yang lain jika
pikirannya tidak tertutup terhadap isyarat lain yang mampu menuntunnya memberi
respon berbeda. Hal ini terjadi jika
respon pertamanya tidak mampu memuaskan kehendaknya.
4.
Jelaskan
pendapat dari teori kognitif dan sebutkan faktor-faktor yang berpengaruh dalam
belajar !
Jawab:
Dalam
teori kognitif ditekankan bahwa belajar belajar dipengaruhi oleh faktor-faktor
seperti, sikap dan keyaakinan, pengalaman masa lalu, dan pemahaman yang
mendalam tentang bagaimana mencapai suatu tujuan. Pengamat teori ini percaya
bahwa seseorang mampu mendayagunakan kemampuan berpikirnya untuk memecahkan
masalah-masalah yang seedang dihadapi, meskipuin masalah-masalah itu masih baru
sama sekali baginya. Jadi pola perilaku yang sudah terbiasaa dapat disimpulkan
sebagaihasil dari pemekirang yang perspektif serta pemikiran yang berorientasi
pada tujuan.
5.
Jelaskan
pendapat dari teori gestalt dan lapangan (field) !
Jawab:
Teori
ini berpendapat bahwa belajar dan perilaku harus dipandang sebagai proses
total. Teori ini percaya bahwa kekuatan-kekuatan penentu yang mempengaruhi
perilaku seseorang pada suatu suatu saat tertentu addalah lapanagan psikologis orang
itu pada saat yang sama. Lapangan atau ruang kehidupan seseorang dapat
didefinisikan sebagai totalitas seluruh fakta yang ada pada diri seseorang dan
lingkungannnya pada saat dia berperilaku. Jadi, untuk memahami perilaku
konsumen terlebih dahulu kita harrus memahami perseepsi mereka terhadap
lingkungannya. Artinya kita harus memahami keseluruhan kekuatan yang kompleks
dan yang mempengaruhi konsumen pada saat mereka akan berusaha memuaskan
dorongan atau motif yang mengawali proses pencarian tujuan.
6.
Jelaskan
hubungan antara id, ego dan superego menurut Freud !
Jawab:
Freud
berpendapat bahwa alam pikiran manusia terdiri dari 3 bagian, yaitu id, ego dan
superego. Teori ini mengatakan bahwa antara inkstink/ id dan suara hati/
superego terjadi konflik. Sisi rasional kita/ ego berusaha menengahi konflik
ini, dan usaha-usaha ini menyebabkan keetegangan, frustasi dan rasa bersalah
yang secara sadar kita sembunyikan dari diri kita sendiri dan orang lain. Hal
inilah yang menyebabkan mengapa motivasi sukar dipahami.
7.
Jelaskan
tesis perilaku Freud tentang alam pikiran manusia !
Jawab:
Tesis
ini mengetengahkan gagasan bahwa kita masuk dalam kehidupan dengan
dorongan-dorongan inkstink biologis yang tak dapat terpuaskan dalam tata
pergaulan sosial yang telah disetujui bersaama. Karena kita saddar dengan cara
langsung kita tidak dapat memuaskan semua keinginan kita, maka kita
mengembangkan cara lain yang lebih halus. Cara-cara lain berarti kita harus
menekan dorongan-dorongan dasar yang ada dalam diri kita. Akibatnya frustasi
dan ketegangan jiwa bisaa muncul. Perasaan bersalah atau rasa malu akan
dorongan-dorongan dalam diri juga dapat menyebabkan kita menekan mereka ke sutu
titik subdasar. Untuk memuaskan dorongan-dorongan ini kita melakukan penalaran
dan perilaku sosial yang dapat diterrima dalam masyarakat. Meskipun begitu
dorongan-dorongan dasar tetap ada dalam diri kita. Akibatnya adalah perilaku
yang sangat kompleks. Kadang-kadang kita seendiri juga tidak mengetahui mengapa
kita merrasa atau bertindak seperti yang kita lakukan.
8.
Jelaskan
implikasi pemasaran dari teori
psikoanalisis !
Jawab:
Implikassi
pemasaran yang penting dari teori psikoanalisis adalah motif sesungguhnya dari
seseeorang untuk membeli sebuah produk tertentu tidak tampak dari luar.
Teknik-teknik riset yang biasa didayagunakan untuk menentukan data ekonomi dan
demografi tidak dapat diterapkan untuk mengetahui alasan-alasan yang mendaasari
perilaku beli seseorang. Teori ini menyadarkan baahwa para pemasar untuk
melayani pembelian para pelanggan melalui penalaran yang dapat diterima dalam
masyarakat. Meskipun begitu kita juga perlu merangsaang bawah sadar mereka yang
dimanifestasikan melalui impian-impian, harapan dan kecemasan-kecemasaan.
9.
Jelaskan
hubungan sikap dan keyakinan dalam pengaruhnya terhadap perilaku beli konsumen
!
Jawab:
Sikap
dan keyakinan saling mempengaruhi satu sama lain, dan akan memahami kedua
konsep secara bergantian. Keduanya merefleksikan pertimbangan nilai dan
perasaan negatif atau positif terhadap suatu produk. Sikap dan keyakinan
merupakan daya yang kuat dan langsung mempengaruhi persepsi serta perilaku beli
konsumen. Sikap mempunyai pengaruh yang penting terhadap persepsi konsumen
melalui penyaringan ketat terhadap rangsangan yang bertentangan dengan sikap.
Sikap juga dapat menyimpangkan persepsi terhadap pesan dan mempengaruhi kadar
penyimpangannya.
10.
Jelaskan
usaha yang dilakukan perusahaan untuk merubah sikap konsumen !
Jawab:
Untuk
merubah sikap konsumen perusahaan harus mendaayagunakan komunikasi yang
benar-benar meyakinkan. Komunikasi ini berupa iklan, bujukan penjualan
peorangan dan pesan-pesan lainnya harus benar-benar berusaha merubah satu atau
lebih ketiga faktor yang tercakup dalam definisi sikap-evaluasi, perasaan dan
kecenderungan bertindak. Dengan menyediakan informasi yang efektif tentang merk
produknya seorang pemasar bisa merubah evaluasi kognitif konsumen terhadap merk
produknya. Dengan iklan yang kuat dan yang memikat emosi konsumen, seorang
pemasar bisa merubah perasaan-perasaan emosional konsumen. Sedangkan kecenderungan
bertindak ke arah merk tertentu bisa dirubah melalui usaha membujuk pembeli
bebuat sesuatu ya ng berlawanan dengan pilihan mereka saat ini. Namun, pembeli
harus diyakinkan sebelum mereka membuka diri untuk merk-merk yang lain.
11.
Jelaskan
konsep diri dan citra diri dalam determinan perilaku !
Jawab:
Citra
diri adalah cara kita memandang diri kita sendirri. Pada waktu yang bersamaan
kita juga menganggap orang lain mempunyai gambaran yang sama tentang kita. Para
psikolog membedakan antara konsep diri yang aktual dan konsep diri yang ideal.
Padda taraf tertentu, teori citra diri adalah refleksi konsep-konsep psikologis
dan sosiologis. Citra diri seseorang dipengaruhi oleh kebutuhan-kebutuhan
psikologis dan fisik yang dibawa sejak lahir dan nyang dipelajari selama proses
perkembangan diri. Citra diri juga dibentuk oleh faktor-faktor ekonomi,
demografi dan pengaruh-pengaruh yang berasal dari kelompok sosial.
12.
Jelaskan
maksud dari pengenalan kebutuhan yang belum terpuaskan !
Jawab:
Kebutuhan
yang belum terpuaskan menimbulkan ketegangan di dalam diri. Kebutuhan itu bisaa
berupa kebutuhan biogenik yang terangsang dari dalam seeperti lapr dan haus
atau kebtuhan yang terpendam tidak terlihat sampai ia terangsang dari luar
seperti iklan. Ketegangan pada diri seseorang dapat juga timbul apabila produk
yang biasa dipakai tidak memuaskan dirinya. Pada saat konsumen menyadari bahwa
ia membutuhkan sesuatu, seringkali ia akan menyadari bahwa ia mengalami konflik
atau persaingan mengenai penggunaan sumber daya uang dan waktu yang terbatas.
Karena itu perlu memecahkan konflik-konflik sebelum bertindak.
13.
Jelaskan
kapan identifikasi pelbagai alternatif dan faktor yang berpengaruh !
Jawab:
Identifikasi
produk dan merk terjadi saat seseorang mulai menyadari kebutuhannya. Saat kita
memiliki berbagai alternatif kita harus menentukan mana yang benar-benar sesuai
dengan kebutuhan kita. Jika salah satu alternatif sudah terpilih, masih
ada merk produk lain yang bisa dipilih.
Faktor-faktor
yang berpengaruh dalam mencari pelbagai alternatif adalah berapa banyak biaya
uang dan waktu; berapa banyak informasi dario masa lalu dan sumber-sumber lain
yang sudah dimiliki; dan jumlah rresiko yang akan dipikul jika seleksi
alternatif ternyata adalah salah.
14.
Jelaskan
keputusan untuk membeli yang merupakan tahapan dari ancangan proses pengambilan
keputusan untuk membeli !
Jawab:
Setelah
mencari dan mengevaluasi pelbagai alternatif, pada titik tertentu harus
memutuskan untuk membeli atau tidak membeli. Jika keputusan yang diambil adlah
membeli, konsumen harus membuat rangkaina keputusan yang menyangkut merk,
harga, toko, warna dsb. Dalam proses beli, padda titik ini pemasar berusaha
untuk menentukan motif beli pelindung dari konsumen. Motif beli pelindung
antara lain adalah kenyamanan lokasi, kecepatan pelayanan, kemudahan dalam
mencari barang, kondisi toko yang tidak hirup pikuk, harga, aneka pilihan
barang, pelayanan yang ditawarkan, penampilan toko yang menarik, dan
kaliber-kaliber tenaga penjualnya.
15.
Jelaskan
teori Leon Festinger tentang perilaku purna beli !
Jawab:
Perilaku purna beli adalah perasaan pembeli setelah
melakukan pembelian. Menurut Leon Festinger manusia berusaha menciptakan
harmoni di dalam dan ketaatan azas dalam kognisinya. Penyimpangan dalam kondisi
ini disebut disonansi. Disonansi kognitif purna beli terjadi karena setiap
alternatif yang dihadapi oleh konsumen mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Biasanya setelah keputusan dibuat, masalah yang dihadapi konsumen adalah
alternatif yang dipilih memperlihatkan kekurangan sedangkan alternatif yang
ditolak justru menunjukan beberapa faktor yang menarik. Artinya aspek-aspek
negatif dari barang yang terpilih dengan aspek-aspek positif dari produk yang
ditolak menimbulkan disonansi kognitif bagi pembeli.
16.
Jelaskan
cara mengurangi disonansi purna beli !
Jawab:
Cara
yang dilakukan untuk mengurangi disonansi purna beli adalah dengan menghindari
informasi seperti iklan tentang produk yang tidak dipilihnya. Sebelum melakukan
pembelian mereka akan mencari informasi khususnya bila ingin membeli
barang-barang yang berharga tinggi dan jarang dibeli. Cara lain memperkecil
disonansi ini melalui usaha yang memakai waktu lebih lama dalam evaluasi pra
keputusan. Segala sesuatu yang dilakukan oleh penjual dalam periklanan mereka
atau penjualan ke perorangan yang bertujuan untuk meyakinkan pembeli dengan
menekankan aspek-aspek yang menarik dari sebuah produk.
17.
Jelaskan
variabel yang menentukan perilaku pembeli menurut model Howard-Sheth !
Jawab:
-variabel
stimulus-masukan diri progeram pemassaran dan lingkungan sosial.
-variabel
internal yang bersama-sama menunjukan keadaan si pembeli seperti motif ,
pengalaman, persepsi dan sikap
-tujuh
variabel yang mempengaruhi keadaan internal dari pembeli, variabel ini juga
dinamakan variabel yang berasaal dari luar (exogenous) yang mencakup kelas
sosial, kebudayaan, tekanaan waktu, dan status keuangan
-variabel
respon-keluaran yaitu perilaku pembeli berdasarkan pada hubungan antara tiga
pasangan variabel diatas.
18.
Jelaskan
teori Howard-sheth keputusan pembeli untuk memilih merk !
Jawab:
Unsur-unsur
dari keputusan memilih merk adalah serangkaian motif, pemilihan alternatif dari
produk dan merk dinamai rangkaian yang tergugah dan perantara keputusan. Bertumpu
pada peraturan-peraturan ini pembeli membuat urutan jenjang motif dan kemudian
jenjang urutan merk produk. Urutan jenjang merk produk didasarkan pada besaar
kecilnya potensi merk memuaskan motif. Pengalaman-pengalaman yang dipelajari
konsumen ikut menentukan jenjang urutan merk. Kemudian berdasarkan pengaruh
diatas pembeli mengembangkan sikap mereka .
19.
Jelaskan
pendapat teori Engel-kollat-Blackwell !
Jawab:
Mereka
menganggap seseorang sebagai suatu sistem perilaku yang memberi respon terhadap
masukan. Diantara keluaran dan masukan terhadap variabel-variabel yang menyelangi.
Para pemasar harus berupaya memahami bagaimana variabel-variabel penyelang ini
mempengaruhi proses yang terjadi dalam pikiran konsumen. Teori ini beranggapan
bahwa susunan psikologis seseorang mempengaruhi proses mentalnya.
Selanjutnya
teori ini menguraikan bahwa masukan dalam bentuk stimuli fisik dan sosial
merangsang inderra seseorang dan lalu membangkitkan kebutuhan dalam dirinya.
Bagaimana stimuli ini diterima dan diinterpretasikan tergantung pada persepsi
selektif seseorang. Persepsi-persepsi ini menentukan apakah sesorang akan
melakukan tindakan atau tidak. Jika bertindak, yang timbul adalah masalah
pengenalan kebutuhan yang belum terpenuhi dan kemudian proses keputusan. Proses
ini mencakup pencarian dan evaluasi alternatif, pembelian dan juga evaluasi
purna beli.
20.
Jelaskan
perbedaan antara barang konsumen dan barang industri dan cara untuk
mengklassifikasikannya !
Jawab:
Barang
konsumen adalah produk yang dibuat untuk dipergunakan oleh konsumen kalangan
rumaah tangga dan untuk tujuan yang bukan bisnis. Barang industri adalah produk
yang dibuat khusus dipergunakan untuk memproduksi barang-barang lain atau untuk
memberikan jasa-jasa dalam bisnis.
Klasifikasi
produk ini tidak dipengaruhi oleh tahap-tahap dalam distribusi barang-barang
itu. Klasifikasi produk menuntut metoda pemasaran yang berbeda karena pada
akhirnya masing-masing akan pergi ke pasar yang berbeda. Kriteria khusus yang
didayagunakan untuk mengklasifikassikan mereka adalah bobot kesaadaran konsumen
mengenai hakikat sebenarnya dari produk sebelum mereka berbelanja dan
kepuasaaan yang diterima konsumen dibandingkan dengan usaha, waktu dan
upaya-upaya memilih produk.
21.
Jelaskan
karakteristik barang kemudahan !
Jawab:
Karakteristik
barang-barang kemudahan adalah konsumen memilikki pengetahuan yang lengkap tentaang
barang-barang yang ingin dibeli sebelum ia pergi membelinya; barangnya mudah
dibeli dengan upaya yang kecil. Biasaanya konsumen kurang bersedia membuang
waktu dan usuha untuk membanding-bandingkaan harga dan kualitas seewaktu hendak
membeli barang. Barrang-barang kemudahan biasanya tidak berharga mahal, relatif
kecil, dan tidak begitu terpengaruh oleh mode. Antara barang-barang tipe ini
tidak terdapat persaingan yang keras dan barang ini biasanya sering dibeli.
22.
Jelaskan
pertimbangan pemasaran untuk barang kemudahan !
Jawab:
Barang
kemudahan mempunyai sistem distribusi yang luas. Tetapi karena kebanyakan
toko-toko pengecer hanya menjual produk tipe ini dalam produk yang kecil, maka
tidak ekonomis jika pabrik menyalurkan barang-barangnya langsung kepadda
mereka. Sehingga pabrik hanya tergantung para grosir untuk menyalurkan produk
mereka. Para pengecer biasanya menjual beberapa merrk produk kemudahan sehingga
merreka tidak mampu untuk mempromosikan hanya satu merk saja. Merreka juga
tidak berminat melakukan banyak promosi karena toko-toko lain menjual merk yang
sama. Jika mereka melakukan promosi ini berarti menolong saaingannya sendiri.
Jaddi untuk barang kemudahan tanggung jawab periklanan seluruhnya menjadi beban
pabrik.
23.
Jelaskan
karakteristik barang perbelanjaan !
Jawaba:
Karakteristik
barang perbelanjaan adalah sebelum membelinya konsumen tidak memiliki informasi
yang lengkap tentang barang-barang tipe ini. Jadi sewaktu mereka membelinya
mereka harus membandingkan dahulu beberapa produk alternatif sebelum membuat
keputusaan barang yang mana yang hendak dibelinya. Proses membandingkan ini
akan terus berlanjut seelama konsumen yakin bahwa waktu serta upaya yang
dibuang seimbang dengan hasil yang akan mereka peroleh. Barang perbelanjaan
lebih mahal daripada barang kemudahan.
24.
Jelaskan
pertimbangan pemasaran untuk barang perbelanjaan !
Jawab:
Pola
beli barang perbelanjaan mempengaruhi distribusi dan stategi promosi. Para
pabrikan barang-barang tipe ini membutuhkan toko-toko pengecer lebih sedikit
dibandingkan pabrikan barang kemudahan karena konsumen bersedia untuk
berkeliling membanding-bandingkan toko. Untuk mempermudah konsumen
membandingkan barang perrbelanjaan para pabrikan berusaha menempatkan produk
mereka di toko yang berdekatan dengan toko yang menjual saingannya. Pabrikan
biasanya bekerja sama dengan para pengecer dalam memasarkan barang
perbelanjaan. Karena jumlah pengecernya tidak terlalu banyak produsen lebih
tergantung pada pengecernya. Para pengercer tipe barang ini juga biasanya
membeli barang dalam jumlah yang besar. Bagi pembeli, nama toko seringkali
lebih penting dib anding nama pembuat produk.
25.
Jelaskan
karakteristik barang-barang khas !
Jawab:
Barang-barang
khas merupakan barang yang dipilih oleh konsumen karena merknya kuat. Konsumen bersedia
untuk memberikan waktu dan upaya khusus
untuk membelinya. Seperti halnya pembeli barang-barrang kemudahyan pembeli
barang khusus seebelum pergi berbelanja telah mempunyai pengetehuan yang
lengkap mengenai barang yang dibutuhkannya. Ciri khas dari barang ini adalah
pembeli hanya akan membeli merk tertentu saja. Mereka juga bersedia mengabaikan
barang yang nyata ada, hanya ingin membeli merk yang diinginkan. Meskipun
mereka harus membuang waktu dan usaha. Biasanya hanya merk-merrk khusus yang
digolongkan dalam klasifikasi khusus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar